MEDIA
PEMBELAJARAN
NAMA
:....................................
KELAS :....................................
MK
:....................................
PRODI :....................................
NAMA
APE
|
:
|
PAPAN SUSUN
HUKA (HURUF & ANGKA)
|
SASARAN
|
:
|
4
- 6 TAHUN
|
KEMAMPUAN
YANG DIKEMBANGKAN
|
:
|
1.
KOGNITIF : a. Anak mengetahui huruf vocal.
b. Anak mampu mengetahui huruf konsonan
c. Anak mampu berhitung
1-10
d. Mampu menyusun angka
dari terkecil hingga
terbesar jumlahnya
2.
BAHASA : a. Anak menyebutkan
huruf vocal
b. Menyebutkan
huruf konsonan
c. berhitung
angka
3.
MOTORIK KASAR : Anak dapat
menyusun huruf misalnya” Nama Sendiri”.
4.
MOTORIK HALUS : Meningkatkan
kordinasi mata, dan meningkatkan konsentrasi saat menyusun huruf/ angka
5.
SENI : Menyanyi ‘’A-B-C-D’’.
6.
SOSEM : Anak bekerjasama dengan
temannya dalam menyusun huruf membuat kalimat “SAYA BISA” yang dicontohkan
guru.
7.
ASPEK PERKEMBANGAN AGAMA DAN
MORAL : Anak di arahkan untuk mengangumi kebesaran ciptaan Tuhan YME (Allah
swt) yaitu alam semesta berupa NAMA yang indah yang kita miliki.
|
BAHAN
DAN ALAT
|
:
|
1.
Triplek 2 lembar ukuran 200x200
cm
2.
Cat warna-warni ukuran 30 ml
3.
Kuas 1 buah
4.
Spidol hitam 1 buah
5.
Gergaji 1 buah
6.
Penggaris 1 buah
7.
Cutter 1 buah
8.
Pembatas/kayu panjang ukuran
200x5 cm
|
CARA
MEMBUAT
|
:
|
1.
Ambil 1 buah triplek
2.
Potong-potong ukuran 5x3 cm 67
bagian (buat huruf A-Z,1-10, pola tambahan,angka romawi)
3.
Cat potongan-potongan triplek
tersebut (keringkan)
4.
Tulislah di tiap kepingan
triplek dengan menggunakan spidol hitam (A-Z,1-10,romawi, dan pola
penjumlahan dst)
5.
Susun huruf-huruf,angka dst,
pada triplek satunya yang utuh telah di sediakan
6.
Beri pembatas di tiap ujung
dengan menggunakan.
|
CARA
MENGGUNAKAN
|
:
|
1.
Ajak anak untuk melihat PAPAN
SUSUN HUKA tersebut
2.
Tanyakan pada anak ada yang tau
huruf apa saja yang ada di papan tersebut.
3.
Tanyakan pada anak mana yang
termasuk huruf vokal
4.
Tanyakan pada anak mana yang
termasuk huruf konsonan
5.
Anak di ajak untuk merangkai
namanya sendiri
6.
Anak diajak mencari teman untuk
membuat kaliamat”SAYA BISA”
7.
Anak diajak bernyanyi “A-B-C-D”
8.
Anak diajak berhitung angka
1-10
9.
Anak menyusun angka dari angka
terkecil nilainya sampai terbesar dan sebaliknya dari yang terbesar ke angka
yang terkecil.
10.
Kemudian guru bisa mengenalkan
pola misalnya:
Anak mengenal perkalian contoh 1x2=2
Anak mengenal penjumlahan contoh 1+2=3
Dan mengenal pembagian contoh 2:2=1
11.
Kemudian guru mengenalkan angka
Romawi
|
GAMBAR
DESAIN
|
:
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar