MEDIA
PEMBELAJARAN
NAMA
APE
|
:
|
PUZZEL ANGGOTA TUBUH
|
SASARAN
|
:
|
4 - 6 TAHUN
|
KEMAMPUAN
YANG DIKEMBANGKAN
|
:
|
1.
KOGNITIF : Anak mengetahui
bagian angoota tubuh, mengetahui warna, berhitung jari, Puzzle dibongkar lalu anak akan
dituntut untuk menggabungkan kembali potongan puzzle, anak harus membutuhkan
daya ingat yang kuat.
2.
BAHASA : Anak Menyebutkan
anggota tubuh
3.
MOTORIK KASAR : Anak Melompat,
berlari, berjinjit, jongkok dengan baik, anak harus mengambil sesuatu yang membuat garis dan
memindahkan barang tanpa harus membuat rusak. Ini akan menambah keterampilan
motorik. Bukan hanya dalam gerakan dasar melainkan puzzle juga akan membantu
dalam mengontrol gerakan dan meletakan pada suatu di tempatnya
4. MOTORIK
HALUS : Melatih kesabaran Bermain puzzle, anak akan dituntut untuk
menggabungkan potongan puzzle sehingga harus sabar dalam menyusun gambar yang
ada di kotak yang sudah disediakan. Anak akan berlatih sabar dalam
menjalankan proses hingga mencapai satu tujuan yang diinginkan. Membantu
Melatih Koordinasi Tangan dan Mata. Salah satu manfaat yang didapatkan dari
permainan puzzle anak adalah melatih koordinasi yang efektif antara tangan
dan mata anak-anak. Ini dilakukan ketika anak-anak sedang mencocokkan keping
puzzle dan menyusunnya kembali menjadi satu gambar utuh.
5.
SENI : Menyanyikan Lagu”
Anggota tubuh”, “Sentuhan boleh dan sentuhan tidak boleh”.
6.
KETRAMPILAN : Anak Mewarnai
gambar salah satu anggota tubuh yang diseediakan guru.
7.
NAM : Anak mengetahui angoota tubuh
yang boleh di lihat dan tak boleh di lihat orang lain.
|
BAHAN
DAN ALAT
|
:
|
1.
Kardus bekas Ukuran 100 Cm
2.
Cat Warna-Warni Ukuran 30 Ml
3.
Spidol Hitam 1 Buah
4.
Cutter 1 Buah
5.
Penggaris 1 Buah
6.
Pencil 1 buah
7.
Lem
8.
Solasi kecil
9.
Peniti
10. Gambar
pola Puzzel yang sudah di print 2 lembar
|
CARA
MEMBUAT
|
:
|
1.
Potonglah gambar pola puzzel,
kardus dan gambar yang ingin dijadikan puzzel tersebut dengan ukuran sesuai
yang diinginkan,
2.
Setelah selesai pemotongan
tempel gambar puzzel menggunakan lem
3.
Setelah selesai penempelan
gambar puzzel lakukan penempelan nama-nama anggota tubuh
4.
Selanjutnya gunakanlah peniti
dengan memberikan lubang pada kardus bekas dengan cara mengikuti garis pada
gambar pola tersebut, lakukan secara bolak-balik. Hal ini bertujuan untuk
mempermudah proses pelepasan nantinya
5.
Setelah itu proses pemotongan
gambar pada kardus bekas
6.
Tahap akhir. Agar puzzel
tersebut tidak mudah rusak, gunakanlah solasi pada puzzel tersebut.
|
CARA I
MENGGUNAKAN
CARA
II
GAMBAR DESAIN
|
:
|
1.
Ajak anak untuk melihat puzzel
2.
Tanyakan pada anak, gambar apa
yang mereka lihat
3.
Tanyakan pada anak bagaian apa
yang di tujuk oleh bu guru misalnya” bu guru menunjuk gambar kepala”
4.
Setelah itu, tanyakan fungsi
bagian-bagian angota tubuh tersebut adakah yang tahu.
5.
Tanyakan berapa jari yang di
miliki manusia?
6.
Sama-sama mengitung jari sambil
bernyayi” Jari”
7.
Tanyakan warna apa saja yang
mereka lihat di papan
8.
Kemudian guru menjelaskan
bagian tubuh yang bisa dilihat dan tidak bisa dilihat
9.
Menjelaskan bagian tubuh yang
boleh disentuh dan tak boleh di sentuh
10.
Bernyanyi” sentuhan boleh
sentuhan tidak boleh”
11.
Setelah itu anak bisa di ajak
untuk pinger painting/ mewarnai salah satu gambar anggota tubuh yang guru
sediakan.
Anak bisa
membongkar pasang puzzel.
|
GAMBAR
DESAIN
|
:
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar