MEDIA
PEMBELAJARAN
NAMA
:
KELAS/NIM :
MK
: MEDIA PEMBELAJARAN
PRODI :
PG-PAUD
DOSEN :
NAMA APE
|
:
|
TAS MARBEL
(MARI BELAJAR)
|
SASARAN
|
:
|
5 - 6 TAHUN
|
KEMAMPUAN YANG
DIKEMBANGKAN
|
:
|
1.
KOGNITIF :
1.
Anak mengetahui angka 1-10
2.
Anak dapat mencocokan bilangan
dengan
lambang bilangan.
3.
Anak mengetahui konsep
matematik ( +, -, x, : )
4.
Anak mengenal bilangan
puluhan,ratusan
5.
Anak mampu berhitung secara
acak
6.
Anak mengetahui huruf abjad
7.
Anak mengetahui huruf Kaptal
8.
Anak mengetahui huruf vocal
9.
Anak mengetahui huruf konsonan
10.
Anak mengetahui cara menyusun
namanya
11.
Anak mengenal konsep bentuk
12.
Anak mengenal warna dari bentuk
13.
Anak mengetahui benda-benda
langit
14.
Anak mengenal warna benda-benda
langit
15.
Anak mengetahui bentuk-bentuk
geometri
16.
Anak mampu menyusun puzzel
17. Anak
mengetahui anggota keluarga
18. Anak
mengetahui macam-macam alat transportasi
19. Anak
mengetahui binatang ternak dan binatang buas
20. Anak
mengetahui berbagai jenis buah
21. Menunjukan
inisiatif dalam memilih tema permainan yang ada di media “Ayo kita bermain
tentang keluarga”
22. Anak dapat
mengklasifikasikan binatang ternak dan binatang buas.
2.
BAHASA :
1.
Anak menyebutkan angka
2.
Anak menyebutkan abjad
3.
Anak menyebutkan huruf vocal
(a-i-u-e-o)
4.
Anak meyebutkan huruf konsonan (selain
huruf a-i-u-e-o)
5.
Anak menyebutkan bentuk-bentuk
geometrik
6.
Anak menyebutkan benda-benda
langit
7.
Anak bernyanyi” bintang kecil,
dan bernyanyi 1-2-3-4
8.
Anak menyebutkan nama-nama
anggota keluarga
9.
Anak menyebutkan nama-nama alat
transportasi
10. Anak
menyebutkan nama buah-buahan yang disukai
11. Anak
menyebutkan nama binatang ternak dan nama binatang buas
12. Dapat
melanjutkan cerita/dongeng yang telah diperdengankan
3.
MOTORIK KASAR :
1.
Menyusun puzzel
2.
Bertepuk-tepuk saat bernyanyi
3.
Menyamakan bentuk dan warna
4.
Menyusun anggota keluarga pada
bagan
5.
Menyusun binatang
6.
Mengurutkan buah-buahan yang
paling sering mereka makan
7.
Bermain peran anggota keluarga
8.
Trampil menggunakan tangan
kanan dan kiri
9.
Melakukan kegiatan kebersiahan
diri setelah selesai kegiatan misalnya mencuci tangannya.
10.
MOTORIK HALUS :
1.
Dengan bermain puzzel akan membantu
anak dalam meningkatkan koordinasi mata dan meningkatkan konsentrasi saat
menyusun bentuk-bentuk geometrik.
2.
Menempel gambar dengan tepat
pada bagan
3.
Menggunakan berbagai media dan
kegiatan dengan baik
4.
Menggambar sesuai
gagasan/idenya dengan meniru dari media
11.
SENI :
1.
Bernyanyi dan mewarnai salah
satu bentuk benda langit yang guru sediakan.
12.
KETERAMPILAN :
1.
Menjumlahkan, mengalikan,
mengurangi dan membagi angka
2.
Merangkai nama
3.
Mencocokan bentuk dan warna
4.
Membedakan mana binatang ternak
dan mana binatang buas
5.
Menirukan cara berbicara
kakek-nenek
13.
SOSEM :
1.
Dapat bekerja sama dengan
temannya dalam mencocokan bentuk dan warna, dan menyusun puzzel
2.
Mengenal nama temannya
3.
Berlatih kesabaran
4.
Mau antri menunggu giliran
5.
Melatih kemandirian
6.
Melatih kedisiplinan
7.
Menujukan sikap toleran
8.
Bermain peran
14.
NAM :
1.
Anak berdoa sebelum pelajaran
dimulai
2.
Anak mampu mengagumi kebesaran
ciptaan Tuhan YME (Allah SWT) yaitu alam semesta berupa benda-benda langit
melalui bercerita dengan media Tas Marbel.
3.
Anak mampu bersyukur atas
nikmat yang Allah SWT berikan berupa buah-buahan dan hewan ternak yang dapat
dikonsumsi sebagai makanan zat hewani bagi tubuh
4.
Anak dapat membedakan perilaku
baik dan buruk.
|
BAHAN DAN ALAT
|
:
|
1.
Kain flanel 1.5 meter
2.
Benang jahit 1 gulung
3.
Benang wol 1 gulung
4.
Kardus 1 buah
5.
Bentuk-bentuk pola yang siap di
potong
6.
Lem tembak 1 buah
7.
Isian lem tembak 4 buah
8.
Gunting 1 buah
9.
Jarum 1 buah
10.
Perekat kain ½ meter
11.
Stroform warna-warni 1 bungkus
|
CARA MEMBUAT
|
:
|
1.
Pertama ambil kain flanel
2.
Lapisi dengan kardus
3.
Lem bagian pinggir dengan lem
tembak
4.
Kemudian ambil bentuk-bentuk
pola yang siap di potong
5.
Gunting bagian-bagian pola
6.
Kemudian laminating
7.
Bentuk-bentuk yang sudah
dilaminating tadi kemudian
di beri perekat
8.
Susun pada kain flanel yang
sudah dilem tadi dari urutan pola pertama angka, huruf abjad, konsep bentuk,
puzzel, bentuk-bentuk geometris dan terakhir benda-benda langit.
9.
Beri tali bagian atasnya dengan cara dijahit
10.
Hiasi tas marbel dengan
stroform warna-warni
11.
Tas marbel siap digunakan.
|
CARA
MENGGUNAKAN I
CARA
MENGGUNAKAN II
|
:
|
A.
CARA KE SATU
1)
Ajak anak berhitung angka 1-10
2)
Ajak bernyanyi 1-2-3-4
3)
- Kenalkan anak pada konsep penambahan (+)
Misalnya ( 1+2 = 3)
-
Kenalkan anak pada konsep
pembagian ( : )
Misalnya ( 6 : 2 = 3)
-
Kenalkan anak pada konsep
perkalian ( x )
Misalnya ( 3 x 2 = 6 )
-
Kenalkan anak pada konsep
pengurangan ( - )
Misalnya ( 3 – 2 = 1 )
4)
Ajak anak menyusun angka
berurutan 1-10
5)
Tanyakan angka secara acak pada
anak
B.
CARA KE DUA
1)
Anak di ajak bersama-sama
menyebutkan huruf A-Z
2)
Bernyanyi bahasa inggris huruf
abjad A-Z
3)
Anak di arahkan untuk menyusun
namanya sendiri
4)
Anak dapat menunjukan salah
satu huruf abjad yang guru sebutkan
C.
KE TIGA
1)
Anak diajak untuk menyamakan
bentuk dan warna
2)
Anak dapat menarik bentuk/warna
yang sama
3)
Anak menegtahui bentuk-bentuk
yang ditujuk oleh guru
D.
CARA KE EMPAT
1)
Anak diajak untuk mengamati
gambar
2)
Guru menerangkan benda apa saja
yang ada dilangit serta fungsinya
3)
Anak dapat mengingat dan menunjukan
benda apa saja yang ada dilangit
4)
Anak menghitung ada berapa
banyak benda langit yang ada digambar
5)
Anak mengetahui warna benda
langit
E.
CARA KE LIMA
1)
Anak ditanya tentang
bentuk-bentuk geometrik
2)
Anak dapat menghitung bentuk-bentuk
dari geometrik yang ada
3)
Anak diajak berhitung sisi
sudut geomertik
4)
anak dapat menyamakan warna
yang sama
F.
CARA KE ENAM
1)
Anak dapat menyusun puzzel dari
papan geometrik dan papan benda-benda langit.
2)
Anak dapat menunjukan dan menyebutkan
bentuk puzzel yang telah disusun.
3)
Anak dapat mewarnai gambar yang
guru sediakan dengan menirukan warna-warna bentuk puzzel yang disusun.
Bisa
menggunakan dengan berbagai Tema, di sesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran Misalnya:
Tema keluarga, Tema binatang, Tema kendaraan, Tema buah dan sayur dan Tema-tema
yang lainnya
|
GAMBAR DESAIN
|
:
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar