Kamis, 15 November 2018

langkah-langkah membuat APE 12 Tema


MEDIA PEMBELAJARAN

NAMA                      
KELAS/NIM             :
MK                            : MEDIA PEMBELAJARAN
PRODI                       : PG-PAUD
DOSEN                      :

NAMA APE
:
TAS  MARBEL (MARI BELAJAR)
SASARAN
:
5 - 6 TAHUN
KEMAMPUAN YANG DIKEMBANGKAN
:
1.      KOGNITIF :
1.      Anak mengetahui angka 1-10
2.      Anak dapat mencocokan bilangan dengan
lambang bilangan.
3.      Anak mengetahui konsep matematik  ( +, -, x, : )
4.      Anak mengenal bilangan puluhan,ratusan
5.      Anak mampu berhitung secara acak
6.      Anak mengetahui huruf abjad
7.      Anak mengetahui huruf Kaptal
8.      Anak mengetahui huruf vocal
9.      Anak mengetahui huruf konsonan
10.  Anak mengetahui cara menyusun namanya
11.  Anak mengenal konsep bentuk
12.  Anak mengenal warna dari bentuk
13.  Anak mengetahui benda-benda langit
14.  Anak mengenal warna benda-benda langit
15.  Anak mengetahui bentuk-bentuk geometri
16.  Anak mampu menyusun puzzel
17. Anak mengetahui anggota keluarga
18. Anak mengetahui macam-macam alat transportasi
19. Anak mengetahui binatang ternak dan binatang buas
20. Anak mengetahui berbagai jenis buah
21. Menunjukan inisiatif dalam memilih tema permainan yang ada di media “Ayo kita bermain tentang keluarga”
22. Anak dapat mengklasifikasikan binatang ternak dan binatang buas.

2.       BAHASA :
1.      Anak menyebutkan angka
2.      Anak menyebutkan abjad
3.      Anak menyebutkan huruf vocal (a-i-u-e-o)
4.      Anak meyebutkan huruf konsonan (selain huruf a-i-u-e-o)
5.      Anak menyebutkan bentuk-bentuk geometrik
6.      Anak menyebutkan benda-benda langit
7.      Anak bernyanyi” bintang kecil, dan bernyanyi 1-2-3-4
8.      Anak menyebutkan nama-nama anggota keluarga
9.      Anak menyebutkan nama-nama alat transportasi
10.  Anak menyebutkan nama buah-buahan yang disukai
11.  Anak menyebutkan nama binatang ternak dan nama binatang buas
12.  Dapat melanjutkan cerita/dongeng yang telah diperdengankan


3.      MOTORIK KASAR :
1.      Menyusun puzzel
2.      Bertepuk-tepuk saat bernyanyi
3.      Menyamakan bentuk dan warna
4.      Menyusun anggota keluarga pada bagan
5.      Menyusun binatang
6.      Mengurutkan buah-buahan yang paling sering mereka makan
7.      Bermain peran anggota keluarga
8.      Trampil menggunakan tangan kanan dan kiri
9.      Melakukan kegiatan kebersiahan diri setelah selesai kegiatan misalnya mencuci tangannya.

10.  MOTORIK HALUS :
1.      Dengan bermain puzzel akan membantu anak dalam meningkatkan koordinasi mata dan meningkatkan konsentrasi saat menyusun bentuk-bentuk geometrik.
2.      Menempel gambar dengan tepat pada bagan
3.      Menggunakan berbagai media dan kegiatan dengan baik
4.      Menggambar sesuai gagasan/idenya dengan meniru dari media

11.  SENI :
1.      Bernyanyi dan mewarnai salah satu bentuk benda langit yang guru sediakan.

12.  KETERAMPILAN :
1.      Menjumlahkan, mengalikan, mengurangi dan membagi angka
2.      Merangkai nama
3.      Mencocokan bentuk dan warna
4.      Membedakan mana binatang ternak dan mana binatang buas
5.      Menirukan cara berbicara kakek-nenek

13.  SOSEM :
1.      Dapat bekerja sama dengan temannya dalam mencocokan bentuk dan warna, dan menyusun puzzel
2.      Mengenal nama temannya
3.      Berlatih kesabaran
4.      Mau antri menunggu giliran
5.      Melatih kemandirian
6.      Melatih kedisiplinan
7.      Menujukan sikap toleran
8.      Bermain peran
14.  NAM :
1.      Anak berdoa sebelum pelajaran dimulai
2.      Anak mampu mengagumi kebesaran ciptaan Tuhan YME (Allah SWT) yaitu alam semesta berupa benda-benda langit melalui bercerita dengan media Tas Marbel.
3.      Anak mampu bersyukur atas nikmat yang Allah SWT berikan berupa buah-buahan dan hewan ternak yang dapat dikonsumsi sebagai makanan zat hewani bagi tubuh
4.      Anak dapat membedakan perilaku baik dan buruk.

BAHAN DAN ALAT

:
1.      Kain flanel 1.5 meter
2.      Benang jahit 1 gulung
3.      Benang wol 1 gulung
4.      Kardus 1 buah
5.      Bentuk-bentuk pola yang siap di potong
6.      Lem tembak 1 buah
7.      Isian lem tembak 4 buah
8.      Gunting 1 buah
9.      Jarum 1 buah
10.  Perekat kain ½ meter
11.  Stroform warna-warni 1 bungkus

CARA MEMBUAT

:
1.      Pertama ambil kain flanel
2.      Lapisi dengan kardus
3.      Lem bagian pinggir dengan lem tembak
4.      Kemudian ambil bentuk-bentuk pola yang siap di potong
5.      Gunting bagian-bagian pola
6.      Kemudian laminating
7.      Bentuk-bentuk yang sudah dilaminating tadi kemudian
di beri perekat
8.      Susun pada kain flanel yang sudah dilem tadi dari urutan pola pertama angka, huruf abjad, konsep bentuk, puzzel, bentuk-bentuk geometris dan terakhir benda-benda langit.
9.      Beri tali bagian atasnya  dengan cara dijahit
10.  Hiasi tas marbel dengan stroform warna-warni
11.  Tas marbel siap digunakan.

CARA MENGGUNAKAN I
































































































































































CARA MENGGUNAKAN II

:
A.    CARA KE SATU
1)   Ajak anak berhitung angka 1-10
2)   Ajak bernyanyi 1-2-3-4
3)   -  Kenalkan anak pada konsep penambahan (+)
 Misalnya ( 1+2 = 3)
-    Kenalkan anak pada konsep pembagian ( : )
 Misalnya ( 6 : 2 = 3)
-    Kenalkan anak pada konsep perkalian ( x )
 Misalnya ( 3 x 2 = 6 )
-    Kenalkan anak pada konsep pengurangan ( - )
 Misalnya ( 3 – 2 = 1 )
4)   Ajak anak menyusun angka berurutan 1-10
5)   Tanyakan angka secara acak pada anak















B.     CARA KE DUA
1)   Anak di ajak bersama-sama menyebutkan huruf A-Z
2)   Bernyanyi bahasa inggris huruf abjad A-Z
3)   Anak di arahkan untuk menyusun namanya sendiri
4)   Anak dapat menunjukan salah satu huruf abjad yang guru    sebutkan



























C.      KE TIGA
1)        Anak diajak untuk menyamakan bentuk dan warna
2)        Anak dapat menarik bentuk/warna yang sama
3)        Anak menegtahui bentuk-bentuk yang ditujuk oleh guru
















D.    CARA KE EMPAT
1)        Anak diajak untuk mengamati gambar
2)        Guru menerangkan benda apa saja yang ada dilangit serta fungsinya
3)        Anak dapat mengingat dan menunjukan benda apa saja yang ada dilangit
4)        Anak menghitung ada berapa banyak benda langit yang ada digambar
5)        Anak mengetahui warna benda langit



















E.     CARA KE LIMA
1)        Anak ditanya tentang bentuk-bentuk geometrik
2)        Anak dapat menghitung bentuk-bentuk dari geometrik yang ada
3)        Anak diajak berhitung sisi sudut geomertik
4)        anak dapat menyamakan warna yang sama

















F.      CARA KE ENAM
1)      Anak dapat menyusun puzzel dari papan geometrik dan papan benda-benda langit.
2)      Anak dapat menunjukan dan menyebutkan bentuk puzzel yang telah disusun.
3)      Anak dapat mewarnai gambar yang guru sediakan dengan menirukan warna-warna bentuk puzzel yang disusun.

 







              









Bisa menggunakan dengan berbagai Tema, di sesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran Misalnya: Tema keluarga, Tema binatang, Tema kendaraan, Tema buah dan sayur dan Tema-tema yang lainnya


















GAMBAR DESAIN
:





























Tidak ada komentar:

TAKSONOMI BERPIKIR

KATA PENGANTAR Alhamdulillah segala puji bagi Allah Pencipta dan Pemelihara Alam Semesta yang telah menerangi hambanya yang takwa de...