Jumat, 09 November 2018

CARA MEMBUAT APE (TAS MARBEL) UNTUK AUD


MEDIA PEMBELAJARAN

NAMA                       : NENG YUYUN
KELAS                      : C1/
MK                            : MEDIA PEMBELAJARAN
PRODI                       : PG-PAUD
DOSEN                      : TATI MASLIATI, M.Pd

NAMA APE
:
TAS  MARBEL (MARI BELAJAR)
SASARAN
:
5 - 6 TAHUN
KEMAMPUAN YANG DIKEMBANGKAN
:
1.      KOGNITIF :
1.      Anak mengetahui angka 1-10
2.      Anak mengetahui konsep matematik  ( +, -, x, : )
3.      Anak mengenal bilangan puluhan,ratusan
4.      Anak mampu berhitung secara acak
5.      Anak mengetahui huruf abjad
6.      Anak mengetahui huruf vocal
7.      Anak mengetahui huruf konsonan
8.      Anak mengetahui cara menyusun namanya
9.      Anak mengenal konsep bentuk
10.  Anak mengenal warna dari bentuk
11.  Anak mengetahui benda-benda langit
12.  Anak mengenal warna benda-benda langit
13.  Anak mengetahui bentuk-bentuk geometri
14.  Anak mampu menyusun puzzel

2.       BAHASA :
1.      Anak menyebutkan angka
2.      Anak menyebutkan abjad
3.      Anak menyebutkan huruf vocal (a-i-u-e-o)
4.      Anak meyebutkan huruf konsonan (selain huruf a-i-u-e-o)
5.      Anak menyebutkan bentuk-bentuk geometrik
6.      Anak menyebutkan benda-benda langit
7.      Anak bernyanyi” bintang kecil, dan bernyanyi 1-2-3-4

3.      MOTORIK KASAR :
1.      Menyusun puzzel
2.      Bertepuk-tepuk saat bernyanyi
3.      Menyamakan bentuk dan warna

4.      MOTORIK HALUS :
1.      Dengan bermain puzzel akan membantu anak dalam meningkatkan koordinasi mata dan meningkatkan konsentrasi saat menyusun bentuk-bentuk geometrik.

5.      SENI :
1.      Bernyanyi dan mewarnai salah satu bentuk benda langit yang guru sediakan.

6.      KETERAMPILAN :
1.      Menjumlahkan, mengalikan, mengurangi dan membagi angka
2.      Merangkai nama
3.      Mencocokan bentuk dan warna

7.      SOSEM :
1.      Dapat bekerja sama dengan temannya dalam mencocokan bentuk dan warna, dan menyusun puzzel
2.      Mengenal nama temannya
3.      Berlatih kesabaran
4.      Mau antri menunggu giliran
5.      Melatih kemandirian
6.      Melatih kedisiplinan

8.      NAM :
1.      Anak berdoa sebelum pelajaran dimulai
2.      Anak mampu mengagumi kebesaran ciptaan Tuhan YME (Allah SWT) yaitu alam semesta berupa benda-benda langit melalui bercerita dengan media Tas Marbel.

BAHAN DAN ALAT

:
1.      Kain flanel 1.5 meter
2.      Benang jahit 1 gulung
3.      Benang wol 1 gulung
4.      Kardus 1 buah
5.      Bentuk-bentuk pola yang siap di potong
6.      Lem tembak 1 buah
7.      Isian lem tembak 4 buah
8.      Gunting 1 buah
9.      Jarum 1 buah
10.  Perekat kain ½ meter

CARA MEMBUAT

:
1.      Pertama ambil kain flanel
2.      Lapisi dengan kardus
3.      Lem bagian pinggir dengan lem tembak
4.      Kemudian ambil bentuk-bentuk pola yang siap di potong
5.      Gunting bagian-bagian pola
6.      Kemudian laminating
7.      Bentuk-bentuk yang sudah dilaminating tadi kemudian
di beri perekat
8.      Susun pada kain flanel yang sudah dilem tadi dari urutan pola pertama angka, huruf abjad, konsep bentuk, puzzel, bentuk-bentuk geometris dan terakhir benda-benda langit.
9.      Beri tali bagian atasnya  dengan cara dijahit
10.  Tas marbel siap digunakan.

CARA MENGGUNAKAN

:
A.    CARA KE SATU
1)   Ajak anak berhitung angka 1-10
2)   Ajak bernyanyi 1-2-3-4
3)   -  Kenalkan anak pada konsep penambahan (+)
 Misalnya ( 1+2 = 3)
-    Kenalkan anak pada konsep pembagian ( : )
 Misalnya ( 6 : 2 = 3)
-    Kenalkan anak pada konsep perkalian ( x )
 Misalnya ( 3 x 2 = 6 )
-    Kenalkan anak pada konsep pengurangan ( - )
 Misalnya ( 3 – 2 = 1 )
4)   Ajak anak menyusun angka berurutan 1-10
5)   Tanyakan angka secara acak pada anak















B.     CARA KE DUA
1)   Anak di ajak bersama-sama menyebutkan huruf A-Z
2)   Bernyanyi bahasa inggris huruf abjad A-Z
3)   Anak di arahkan untuk menyusun namanya sendiri
4)   Anak dapat menunjukan salah satu huruf abjad yang guru    sebutkan














C.      KE TIGA
1)        Anak diajak untuk menyamakan bentuk dan warna
2)        Anak dapat menarik bentuk/warna yang sama
3)        Anak menegtahui bentuk-bentuk yang ditujuk oleh guru
















D.    CARA KE EMPAT
1)        Anak diajak untuk mengamati gambar
2)        Guru menerangkan benda apa saja yang ada dilangit serta fungsinya
3)        Anak dapat mengingat dan menunjukan benda apa saja yang ada dilangit
4)        Anak menghitung ada berapa banyak benda langit yang ada digambar
5)        Anak mengetahui warna benda langit



















E.     CARA KE LIMA
1)        Anak ditanya tentang bentuk-bentuk geometrik
2)        Anak dapat menghitung bentuk-bentuk dari geometrik yang ada
3)        Anak diajak berhitung sisi sudut geomertik
4)        anak dapat menyamakan warna yang sama

















F.      CARA KE ENAM
1)      Anak dapat menyusun puzzel dari papan geometrik dan papan benda-benda langit.
2)      Anak dapat menunjukan dan menyebutkan bentuk puzzel yang telah disusun.
3)      Anak dapat mewarnai gambar yang guru sediakan dengan menirukan warna-warna bentuk puzzel yang disusun.

 















GAMBAR DESAIN
:




































Tidak ada komentar:

TAKSONOMI BERPIKIR

KATA PENGANTAR Alhamdulillah segala puji bagi Allah Pencipta dan Pemelihara Alam Semesta yang telah menerangi hambanya yang takwa de...