MEDIA
PEMBELAJARAN
NAMA
: NENG YUYUN
KELAS : C1/
MK
: MEDIA PEMBELAJARAN
PRODI :
PG-PAUD
DOSEN :
TATI MASLIATI, M.Pd
NAMA
APE
|
:
|
TAS MARBEL (MARI BELAJAR)
|
SASARAN
|
:
|
5
- 6 TAHUN
|
KEMAMPUAN
YANG DIKEMBANGKAN
|
:
|
1.
KOGNITIF :
1.
Anak mengetahui angka 1-10
2.
Anak mengetahui konsep
matematik ( +, -, x, : )
3.
Anak mengenal bilangan
puluhan,ratusan
4.
Anak mampu berhitung secara
acak
5.
Anak mengetahui huruf abjad
6.
Anak mengetahui huruf vocal
7.
Anak mengetahui huruf konsonan
8.
Anak mengetahui cara menyusun
namanya
9.
Anak mengenal konsep bentuk
10.
Anak mengenal warna dari bentuk
11.
Anak mengetahui benda-benda
langit
12.
Anak mengenal warna benda-benda
langit
13.
Anak mengetahui bentuk-bentuk
geometri
14.
Anak mampu menyusun puzzel
2.
BAHASA :
1.
Anak menyebutkan angka
2.
Anak menyebutkan abjad
3.
Anak menyebutkan huruf vocal
(a-i-u-e-o)
4.
Anak meyebutkan huruf konsonan (selain
huruf a-i-u-e-o)
5.
Anak menyebutkan bentuk-bentuk
geometrik
6.
Anak menyebutkan benda-benda
langit
7.
Anak bernyanyi” bintang kecil,
dan bernyanyi 1-2-3-4
3.
MOTORIK KASAR :
1.
Menyusun puzzel
2.
Bertepuk-tepuk saat bernyanyi
3.
Menyamakan bentuk dan warna
4.
MOTORIK HALUS :
1.
Dengan bermain puzzel akan membantu
anak dalam meningkatkan koordinasi mata dan meningkatkan konsentrasi saat
menyusun bentuk-bentuk geometrik.
5.
SENI :
1.
Bernyanyi dan mewarnai salah
satu bentuk benda langit yang guru sediakan.
6.
KETERAMPILAN :
1.
Menjumlahkan, mengalikan,
mengurangi dan membagi angka
2.
Merangkai nama
3.
Mencocokan bentuk dan warna
7.
SOSEM :
1.
Dapat bekerja sama dengan
temannya dalam mencocokan bentuk dan warna, dan menyusun puzzel
2.
Mengenal nama temannya
3.
Berlatih kesabaran
4.
Mau antri menunggu giliran
5.
Melatih kemandirian
6.
Melatih kedisiplinan
8.
NAM :
1.
Anak berdoa sebelum pelajaran
dimulai
2.
Anak mampu mengagumi kebesaran
ciptaan Tuhan YME (Allah SWT) yaitu alam semesta berupa benda-benda langit
melalui bercerita dengan media Tas Marbel.
|
BAHAN
DAN ALAT
|
:
|
1.
Kain flanel 1.5 meter
2.
Benang jahit 1 gulung
3.
Benang wol 1 gulung
4.
Kardus 1 buah
5.
Bentuk-bentuk pola yang siap di
potong
6.
Lem tembak 1 buah
7.
Isian lem tembak 4 buah
8.
Gunting 1 buah
9.
Jarum 1 buah
10.
Perekat kain ½ meter
|
CARA
MEMBUAT
|
:
|
1.
Pertama ambil kain flanel
2.
Lapisi dengan kardus
3.
Lem bagian pinggir dengan lem
tembak
4.
Kemudian ambil bentuk-bentuk
pola yang siap di potong
5.
Gunting bagian-bagian pola
6.
Kemudian laminating
7.
Bentuk-bentuk yang sudah
dilaminating tadi kemudian
di beri perekat
8.
Susun pada kain flanel yang
sudah dilem tadi dari urutan pola pertama angka, huruf abjad, konsep bentuk,
puzzel, bentuk-bentuk geometris dan terakhir benda-benda langit.
9.
Beri tali bagian atasnya dengan cara dijahit
10.
Tas marbel siap digunakan.
|
CARA
MENGGUNAKAN
|
:
|
A.
CARA KE SATU
1)
Ajak anak berhitung angka 1-10
2)
Ajak bernyanyi 1-2-3-4
3)
- Kenalkan anak pada konsep penambahan (+)
Misalnya ( 1+2 = 3)
-
Kenalkan anak pada konsep pembagian
( : )
Misalnya ( 6 : 2 = 3)
-
Kenalkan anak pada konsep
perkalian ( x )
Misalnya ( 3 x 2 = 6 )
-
Kenalkan anak pada konsep
pengurangan ( - )
Misalnya ( 3 – 2 = 1 )
4)
Ajak anak menyusun angka
berurutan 1-10
5)
Tanyakan angka secara acak pada
anak
B.
CARA KE DUA
1)
Anak di ajak bersama-sama
menyebutkan huruf A-Z
2)
Bernyanyi bahasa inggris huruf
abjad A-Z
3)
Anak di arahkan untuk menyusun
namanya sendiri
4)
Anak dapat menunjukan salah
satu huruf abjad yang guru sebutkan
C.
KE TIGA
1)
Anak diajak untuk menyamakan
bentuk dan warna
2)
Anak dapat menarik bentuk/warna
yang sama
3)
Anak menegtahui bentuk-bentuk
yang ditujuk oleh guru
D.
CARA KE EMPAT
1)
Anak diajak untuk mengamati
gambar
2)
Guru menerangkan benda apa saja
yang ada dilangit serta fungsinya
3)
Anak dapat mengingat dan
menunjukan benda apa saja yang ada dilangit
4)
Anak menghitung ada berapa
banyak benda langit yang ada digambar
5)
Anak mengetahui warna benda
langit
E.
CARA KE LIMA
1)
Anak ditanya tentang bentuk-bentuk
geometrik
2)
Anak dapat menghitung
bentuk-bentuk dari geometrik yang ada
3)
Anak diajak berhitung sisi
sudut geomertik
4)
anak dapat menyamakan warna
yang sama
F.
CARA KE ENAM
1)
Anak dapat menyusun puzzel dari
papan geometrik dan papan benda-benda langit.
2)
Anak dapat menunjukan dan
menyebutkan bentuk puzzel yang telah disusun.
3)
Anak dapat mewarnai gambar yang
guru sediakan dengan menirukan warna-warna bentuk puzzel yang disusun.
|
GAMBAR
DESAIN
|
:
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar