DAFTAR ISI
Kata pengantar ............................................................................................................................... 1
Daftar isi.......................................................................................................................................... 2
BAB I : Pendahuluan..................................................................................................................... 3
A. Latar Belakang............................................................................................................. 3
B. Rumusan Masalah........................................................................................................ 3
C. Tujuan Pembahasan...................................................................................................... 3
Bab II : Pembahasan...................................................................................................................... 4
A. Hakikat Metode
Bercakap-cakap dan Tanya Jawab.................................................... 4
B. Teknik Pengembangan
Perilaku dan Kemampuan Dasar Melalui
Metode Bercakap-cakap dan Tanya Jawab.................................................................. 5
C. Implikasi Pengembangan
Perilaku dan Kemampuan Dasar
Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Metode Bercakap-cakap
dan Tanya Jawab.................. 5
D. Penilaian dan Umpan
Balik Pengembangan Perilaku
dan Kemampuan Dasar Melalui Metode Bercakap-cakap
dan Tanya Jawab.............. 6
BAB III : Penutup.......................................................................................................................... 7
Daftar Pustaka
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Bercakap-cakap merupakan suatu bentuk komunikasi
lisan antara satu orang dengan orang lain. Didalam bercakap-cakap kemunginan
adanya unsur dialog, tanya-jawab, dan tentunya pemberian informasi. Bagaimana
metode bercakap-cakap dan tanya jawab bisa diterapkan pada anak usia 3-4 tahun,
lalu bagaimana penerapannya dengan metode tersebut, agar kita bisa menjawab
pertanyaan tersebut.
Maka diharapkan makalah ini dapat menjadi salah satu
referensi kita bersama dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas.
B.
Rumusan Masalah
1.
Apa
hakikat metode bercakap-cakap dan tanya
jawab?
2.
Teknik
pengembangan perilaku dan kemampuan dasar anak usia 3-4 tahun melalui metode
bercakap-cakap dan tanya jawab
3.
Implikasi
pengembangan perilaku dan kemampuan dasar anak usia 3-4 tahun melalui metode
bercakap-cakap dan tanya jawab
4.
Umpan
balik dan penilaian pengembangan perilaku dan kemampuan dasar melalui metode
bercakap-cakap dan tanya jawab
C.
Tujuan Pembahasan
1.
Memahami
hakikat metode bercakap-cakap dan tanya jawab
2.
Memahami
teknik pengembangan perilaku dan kemampuan dasar anak usia 3-4 tahun melalui
metode bercakap-cakap dan tanya jawab
3.
Memahami
implikasi pengembangan perilaku dan kemampuan dasar anak usia 3-4 tahun melalui
metode bercakap-cakap dan tanya jawab
4.
Memahami
umpan balik dan penilaian pengembangan perilaku dan kemampuan dasar melalui
metode bercakap-cakap dan tanya jawab.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
HAKIKAT METODE BERCAKAP-CAKAP DAN
TANYA JAWAB
Penelitian
membuktikan bahwa anak-anak yang memiliki orang tua yang senang bercakap-cakap
dengan anaknya secara intensif ketika mereka bayi maka anak tersebut akan
memiliki IQ yang baik dan memperoleh jumlah kosa kata yang lebih banyak
dibandingkan anak yang lain. Pada usia 3 tahun, standar jumlah kosa kata yang
dapat dicapai oleh anak adalah 2000-4000
kata. Sementara pada usia 4 tahun, jumlah kosa kata yang mampu dicapai anak
adalah 4000-6000 kosa kata.
Bercakap-cakap
adalah bagian dari kecakapan bahasa yang bersifat ekspresif karena anak diminta
untuk menggunakan simbol-simbol bahasa dalam komunikasi. Selain itu dalam
kegiatan bercakap-cakap, anak uisa 3-4 tahun telah mampu mengembangkan 6 jenis
kegiatan bercakap-cakap yang berorientasi pada percakapan sosial (sosialized
speech) (jalongo,2007)
Kegiatan
bercakap-cakap ini akan terlihat dalam bahasa yang mereka gunakan dalam
beberapa aktifitas yang dilakukan yaitu :
a) Play talk, digunakan oleh anak ketika mereka mengekspresikan
kepribadiannya ketika bermain.
b) Negotation talk, digunakan oleh anak ketika mereka meminta
kesediaan orang lain agar mereka dapat bergabung dalam suatu aktifitas ,
memilih suatu peran, dan mengatasi suatu tantangan.
c) Excluding talk, digunakan oleh anak ketika mereka tidak mengizinkan
orang lain masuk ke dalam permainan.
d) Challenge talk, digunakan sebagai bentuk ketidak setujuan anak
terhadap pandangan dan peran orang lain.
e) Emphatic talk, digunakan anak ketika menempatkan dirinya pada
posisi anak yang sedangmendapat masalah dan anak mencoba menawarkan solusi
serta dukungannya.
f) Information and
understanding talk, digunakan oleh
anak untuk bercakap-cakap dengan orang lain, memperluas pertanyaan tentang
masalah dan topik-topik yang menurut mereka penting dan bermakna.
B.
TEKNIK PENGEMBANGAN PERILAKU DAN
KEMAMPUAN DASAR MELALUI METODE BERCAKAP-CAKAP DAN TANYA JAWAB
Beberapa
teknik yang dapat digunakan, antara lain dijabarkan sebagai berikut:
1.
Bercakap-cakap
informal
Bercakap-cakap yang sifatnya informal dilakukan
diluar atau tidak dalam proses pembelajaran.
2.
Bermain
Telepon
Telpon-telponan, baik telpon mainan yang dijual
dipasaran ataupun telepon yang telah rusak, dapat digunakan sebagai alat bantu
dalam mengembnagkan kemampuan anak melalui metode bercakap-cakap.
3.
Drama
Kreatif
Drama Kreatif merupakan drama yang memerlukan
sejumlah babak, peralatan pentas,kostum ataupun skenario.
4.
Seseorang
berkata bahwa....
Tekhnik ini merupakan salah satu cara anak agar
bersedia memberikan sejumlah jawaban berkaitan dengan suatu topik.
5.
Brainstorming
(Tukar Pendapat)
Yaitu cara untuk memperoleh banyak ide mengenai
suatu topik atau masalah dan berkaitan dengan suatu cara dalam membantu
perkembangan kreatifitas.
C.
IMPLIKASI PENGEMBANGAN PERILAKU DAN
KEMAMPUAN DASAR ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI METODE BERCAKAP-CAKAP DAN TANYA
JAWAB
Teknik
pengembangan perilaku dan kemampuan dasar bagi anak usia 3-4 tahun cukup
beragam, beberapa contoh kegiatan pengembangan perilaku dan kemampuan dasar
anak usia 3-4 tahun melalui metode bercakap-cakap dan tanya jawab, antara lain
:
1.
Penggunaan
metode bercakap-cakap dan tanya jawab pada anak usia dini 3-4 tahun harus
memperhatikan sejumlah aspek kebahasaan, seperti kemampuan anak dalam berbicara
dan menyimak.
2.
Penggunaaan
metode bercakap-cakap dan tanya jawab pada anak usia dini harus disesuaikan
dengan kemampuan anak usia 3-4 tahun.
3.
Ditinjau
dari sisi sosial-emosional anak usia – tahun memerlukan pemahaman konsep
kognitif yang berkaitan dengan perasaan.
4.
Anak
usia 3-4 tahun sangat bmembutuhkan kedekatan pribadi dengan pendidik sebagai
orang yang bertanggung jawab terhadap anak usia dini.
5.
Anak
usia 3-4 tahun adalah pembelajar yang aktif. Oleh karena itu pendidik harus
mampu mengembangan metode bercakap-cakap dan tanya jawab dengan baik sehingga
dapat membimbing anak-anak untuk berpikir lebih luas dan mendalam tentang suatu
hal.
D.
PENILAIAN DAN UMPAN BALIK
PENGEMBANGAN PERILAKU DAN KEMAMPUAN DASAR MELALUI METODE BERCAKAP-CAKAP DAN
TANYA JAWAB
Penilaian
terhadap aspek dalam pengembangan perilaku dan kemampuan dasar anak usia 3-4
tahun bertujuan untuk mengamati bagaimana kemajuan perkembangan yang telah
dicapai oleh anak. Beberapa teknik yang dapat dilakuakan antara lain :
1.
Cheklist
asesmen perkembangan
Cheklist
perkembangan merujuk pada suatu bidang atau kecakapan yang terangkai dan kesinambungan.
Merupakan suatu daftar tujuan pembelajaran yang ditetapkan dalam tingkat usia
tertentu atau konten area.
2.
Oral
Responses (Tanggapan Lisan)
Cara anak
merespon dalam diskusi lisan seperti ketika anak mengajukan pertanyaan atau
cara mereka menyampaikan informasi dapat dicatat dalam bentuk oral responses.
3.
Rating
Scale
Rating scale
hampir samap/mirip dengan cheklist, tetapi bagaimanapun juga keduanya berbeda.
Cheklist digunakan untuk mengindikasi/menunjukan suatu perilaku itu nampak atau
tidak, rating scale mengendaki penilai untuk membuat keputusan kualitatif
mengenai perilaku yang muncul.
BAB III
PENUTUP
Penelitian membuktikan bahwa anak-anak yang memiliki
orang tua yang senag bercakap-cakap dengan anaknya secara intensif ketika mereka
bayi maka anak tersebut akan memiliki IQ yang baik dan memperoleh jumlah kosa
kata yang lebih banyak dibandingkan anak yang lain. Pada usia 3 tahun, standar
jumlah kosa kata yang dapat dicapai oleh
anak adalah 2000-4000 kata. Sementara pada usia 4 tahun, jumlah kosa kata yang
mampu dicapai anak adalah 4000-6000 kosa kata. Selain itu dalam kegiatan
bercakap-cakap, anak uisa 3-4 tahun telah mampu mengembangkan 6 jenis kegiatan
bercakap-cakap yang berorientasi pada percakapan sosial (sosialized speech)
(jalongo,2007)
Beberapa teknik yang dapat digunakan dalam metode
bercakap-cakap dan tanya jawab, antara lain: Bercakap-cakap informal, Bermain
Telepon, Drama Kreatif, Seseorang berkata bahwa...., Brainstorming /Tukar
Pendapat.
Penilaian terhadap aspek dalam pengembangan perilaku
dan kemampuan dasar anak usia 3-4 tahun bertujuan untuk mengamati bagaimana
kemajuan perkembangan yang telah dicapai oleh anak. Beberapa teknik yang dapat
dilakuakan antara lain : Cheklist asesmen perkembangan, Oral Responses (Tanggapan
Lisan), Rating Scale.
.
DAFTAR PUSTAKA
Catron, carol E dan Jan Allen. (1999). Early Childhood Education
Curriculum: A Creative Play Model 2 nd ed. New Jersay : Prentice
Hall.
Conger,
Flora Stabler dan Irene B. Rose. (1995). Chlid
Care Aide Skills. New York : Mc Graw Hill Book
Eun
Mi, Dan. (2005). Aneka Kegiatan Seni dan
Keterampilan Kertas untuk Anak Usia Dini, Jakarta KOICA-Korea International
Cooperation Agency
Gee,
Robyn. (1995). Menghibur dab Mendidik
Anak Kecil. (terj). Jakarta : Penerbit Periplus.
Kuffner,
Trish. (2004). Play And Learn : 300
Aktivitas Bermain dan belajar Bersama Anak (Usia 3-4 Tahun). (terj).
Jakarta : Elek Media Komputindo
Mayesky,
Mary. (1990). Creatives Activities For
Young Children. 4th ed. New York : Delmar Publisher Inc.
Root,
Betty. (1995). Memebantu Putra Anda
Belajar Menbaca (terj). Jakarta : Penerbit periplus
Nilsen,barbara
Ann. (2004). Week by week; Documenting The Development of Young Children 3rd
ed Australia: Thomson Delmar Learning.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar