KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah SWT, Tuhan semesta alam, yang
telah menciptakan manusia dengan keadaan sempurna, memberikan nikmat terbesar yakni
iman dan islam serta kesehatan. Shalawat dan salam semoga senantiasa terlimpahkan
kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, beserta keluarganya, sahabatnya,
tabi’in dan seluruh umatnya yang istikomah mengikuti tuntunan dan teladannya
sampai akhir zaman.
Atas berkat Allah SWT kami dapat menyelesaikan
makalah ini dengan judul “Pengembangan
Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini (Usia 3-4 Tahun) Melalui Metode
Proyek”.
Seperti pepatah yang mengatakan tak ada gading yang
tak retak, kami menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini, masih banyak terdapat
kekeliruan, kami akan sangat berterimakasih
dan berbesar hati menerima saran dan kritik yang bersifat membangun, bermanfaat
bagi kesempurnaan pembuatan makalah berikutnya.
Serang, April 2018
Penyusun
DAFTAR ISI
Kata pengantar ............................................................................................................................... 1
Daftar isi.......................................................................................................................................... 2
BAB I : Pendahuluan..................................................................................................................... 3
A. Latar Belakang............................................................................................................. 3
B. Rumusan Masalah........................................................................................................ 3
C. Tujuan Pembahasan...................................................................................................... 3
Bab II : Pembahasan...................................................................................................................... 4
A. Hakikat Metode Proyek............................................................................................... 4
B. Teknik Pengembangan
Perilaku dan Kemampuan Dasar Melalui
Metode Proyek............................................................................................................. 5
C. Implikasi Pengembangan
Perilaku dan Kemampuan Dasar
Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Metode Proyek............................................................. 5
D. Penilaian dan Umpan
Balik Pengembangan Perilaku
dan Kemampuan Dasar Melalui Metode Proyek......................................................... 6
BAB III : Penutup.......................................................................................................................... 7
Daftar Pustaka
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Proyek pertama kali diinspirasi oleh pemikiran Jhon
Dewey yang kemudian dikembangkan oleh William Heard Kilpatrick. Metode inin
sangat bertolak belakang dengan kebanyakan metode saat itu yang berorientasi
pada pendidik. Dengan menggunakan metode proyek, mata pelajaran dilebur menjadi
suatu hal yang holistik, menyerupai proyek yang memungkinkan anak memperoleh
ketrampilan baru yang mereka butuhkan melalui kegiatan yang dilakukan dengan
cara bekerja sama dengan anak lainnya
Maka diharapkan makalah ini dapat menjadi salah satu
referensi kita bersama dalam membahas metode proyek diatas.
B.
Rumusan Masalah
1.
Apa
hakikat metode Proyek?
2.
Teknik
pengembangan perilaku dan kemampuan dasar anak usia 3-4 tahun melalui metode
Proyek
3.
Implikasi
pengembangan perilaku dan kemampuan dasar anak usia 3-4 tahun melalui metode
Proyek
4.
Umpan
balik dan penilaian pengembangan perilaku dan kemampuan dasar melalui metode
Proyek
C.
Tujuan Pembahasan
1.
Memahami
hakikat metode proyek
2.
Memahami
teknik pengembangan perilaku dan kemampuan dasar anak usia 3-4 tahun melalui
metode proyek
3.
Memahami
implikasi pengembangan perilaku dan kemampuan dasar anak usia 3-4 tahun melalui
metode proyek
4.
Memahami
umpan balik dan penilaian pengembangan perilaku dan kemampuan dasar melalui
metode proyek
BAB II
PEMBAHASAN
A.
HAKIKAT METODE PROYEK
1.
Batasan
Metode Proyek
Proyek berasal
dari kata dalam bahasa Latin “proyectycum” yang memiliki makna maksud, tujuan
atau rencana. Menuurut Kazt, proyek merupakan penyelidikan dalam waktu yang
lama, kegiatan yang bersifat konstruktif dan berpusat pada bermain. Proyek
merujuk pada seperangkat cara mengajar yang memungkinkan pendidik membimbing
anak-anak melalui stadi mendalam tentang suatu topik dari dunia nyata.
Pendidik lebih
berperan sebagai konsultan dan fasilitatordari pada seorang pengajar, selain
sebagai konsultan pendidik juga memiliki peran sebagai pemimpin yang membantu
mengatur kemajuan penyelidikan.
2.
Tujuan
Kegiatan Pengembangan dengan Metode Proyek
Tujuan utama
dari kegiatan metode proyek adalah mempelajari topik lebih banyak dari segi
kedalamamnya dan bukan sekedar mencari jawaban yang benar atas pertanyaan yang
diajukan pendidik, ada empat tujun yang menjadi tolak ukur pencapaian
pembelajaran bagi anak yaitu: pengetahuan/knowledge , keterampilan/skill,
kecendrungan/disposition, dan perasaan/feelings.
3.
Manfaat
Kegiatan Pengembangan dengan Metode Proyek
Adapun beberapa
manfaat yang di dapat dari metode proyek yaitu:
a)
Membangun
pengetahuan baru yang didasari pengetahuan sebelumnya
b)
Menolong
anak mengerti nilai-nilai yang berlaku
c)
Menolong
anak mengerti satu konsep dengan konsep lain
d)
Membuat
anak mengerti nilai literatur dan angka-angka ddalam konteks hidup yang
sebenarnya
e)
Memberikan
ide-ide dalam bermain peran
f)
Mendorong
anak mencari sumber pengetahuan dan informasi yang lain selain disekolah.
g)
Menjembatani’
komunikasi dengan orang tua atau dewasa lainnya.
4.
Langkah-langkah
Kegiatan dengan Metode Proyek
1.
Persiapan/permulaan/beginning
2.
Pelaksanaan
kegiatan proyek/project in progress
3.
Pengambilan
kesimpulan/concluding
B.
TEKNIK PENGEMBANGAN PERILAKU DAN
KEMAMPUAN DASAR MELALUI METODE PROYEK
Beberapa
teknik yang dapat digunakan, antara lain dijabarkan sebagai berikut:
1.
Menentukan
Topik yang menjadi minat anak.
2.
Mengumoulkan
seluruh peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan bersama anak.
3.
Mengajak
nanak mencari tahu melalui peralatan dan sumber daya yang telah terkumpul.
4.
Melakukan
brainstorming/tukar pendapat mengenai
topik dengan anak.
5.
Mengelompokan
pertanyaan tersebut dalam kategori tertentu atau subtopik bersama-sama dengan
anak.
6.
Memberikian
kesempatan pada anak untuk memilih subtopik yang ingin mereka eksplorasi
7.
Memilih
jenis pelaporan yang tepat untuk tiap subtopik.
8.
Anak
diminta membuat perencanaan tentang abgaimana mereka harus membuat laporan
9.
Merencanakan
dan menyelenggarakan pameran hasil karya anak.
10.
Mengevaluasi
setiap anak dengan menanyakan apakah mereka merasa senag dengan proyek yang
telah dilakukan dan apa yang mereka rasakan kemudian.
C.
IMPLIKASI PENGEMBANGAN PERILAKU DAN
KEMAMPUAN DASAR ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI METODE PROYEK
Teknik
pengembangan perilaku dan kemampuan dasar bagi anak usia 3-4 tahun cukup
beragam, beberapa contoh kegiatan pengembangan perilaku dan kemampuan dasar
anak usia 3-4 tahun melalui metode proyek, antara lain :
1.
Anak
berlatih mempelajari suatu konsep secara lebih mendalam melalui topik yang
telah dipilih.
2.
Metode
proyek membantu anak mengenal lingkungan sosial yang lebih luas
3.
Metode
proyek membantu anak mengembangkan kemampuan kerja sama, melatih kemampuan
beradaptasi dengan lingkungan.
4.
Metode
proyek dilaksanakan dalam proses dan jangka waktu yang panang maka perlu
keterlibatan bnayak pihak, tidak hanya pendidiktetapi juga orang tua dan pihak
lain yang terkait dengan topik.
D.
PENILAIAN DAN UMPAN BALIK
PENGEMBANGAN PERILAKU DAN KEMAMPUAN DASAR MELALUI METODE PROYEK
Penilaian
terhadap aspek dalam pengembangan perilaku dan kemampuan dasar anak usia 3-4
tahun bertujuan untuk mengamati bagaimana kemajuan perkembangan yang telah
dicapai oleh anak. Beberapa teknik yang dapat dilakuakan antara lain :
1.
Running
Record
Merupakan salah
satu bentuk evaluasi yang dilakukan dengan cara menuliskan segala sesuatu yang
anak-anak ucapkan atau yang mereka lakukan.
2.
Portofolio
Yaitu koleksi
yang lengkap mengenai hasil pekerjaan seseorang yang menunjukan bagaimana
pikiran mereka, minat, usah dan tujuan dalam lingkungan yang berbeda.
Ada tiga jenis
porfolio yaitu:
a) Portofolio dokumentasi
b) Portofolio berdasarkan
proses
c) Showcase portofolio
BAB III
PENUTUP
Proyek berasal dari kata dalam bahasa Latin
“proyectycum” yang memiliki makna maksud, tujuan atau rencana. Menuurut Kazt,
proyek merupakan penyelidikan dalam waktu yang lama, kegiatan yang bersifat
konstruktif dan berpusat pada bermain. Proyek merujuk pada seperangkat cara
mengajar yang memungkinkan pendidik membimbing anak-anak melalui stadi mendalam
tentang suatu topik dari dunia nyata.
Beberapa teknik
yang dapat digunakan, antara lain dijabarkan sebagai berikut
1.
Menentukan
Topik yang menjadi minat anak.
2.
Mengumoulkan
seluruh peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan bersama anak.
3.
Mengajak
nanak mencari tahu melalui peralatan dan sumber daya yang telah terkumpul.
4.
Melakukan
brainstorming/tukar pendapat mengenai
topik dengan anak.
5.
Mengelompokan
pertanyaan tersebut dalam kategori tertentu atau subtopik bersama-sama dengan
anak.
6.
Memberikian
kesempatan pada anak untuk memilih subtopik yang ingin mereka eksplorasi
7.
Memilih
jenis pelaporan yang tepat untuk tiap subtopik.
8.
Anak
diminta membuat perencanaan tentang abgaimana mereka harus membuat laporan
9.
Merencanakan
dan menyelenggarakan pameran hasil karya anak.
10.
Mengevaluasi
setiap anak dengan menanyakan apakah mereka merasa senag dengan proyek yang
telah dilakukan dan apa yang mereka rasakan kemudian.
Penilaian
terhadap aspek dalam pengembangan perilaku dan kemampuan dasar anak usia 3-4
tahun bertujuan untuk mengamati bagaimana kemajuan perkembangan yang telah
dicapai oleh anak. Beberapa teknik yang dapat dilakuakan antara lain :
3.
Running
Record
4.
Portofolio
Ada tiga jenis
porfolio yaitu:
d) Portofolio dokumentasi
e) Portofolio berdasarkan
proses
f) Showcase portofolio
DAFTAR PUSTAKA
Gee,
Robyn. (1995). Menghibur dab Mendidik
Anak Kecil. (terj). Jakarta : Penerbit Periplus.
Kuffner,
Trish. (2004). Play And Learn : 300
Aktivitas Bermain dan belajar Bersama Anak (Usia 3-4 Tahun). (terj).
Jakarta : Elek Media Komputindo
Mayesky,
Mary. (1990). Creatives Activities For
Young Children. 4th ed. New York : Delmar Publisher Inc.
Root,
Betty. (1995). Memebantu Putra Anda
Belajar Menbaca (terj). Jakarta : Penerbit periplus
Nilsen,barbara
Ann. (2004). Week by week; Documenting The Development of Young Children 3rd
ed Australia: Thomson Delmar Learning.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar