Jumat, 09 November 2018

MAKALAH Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini (Usia 3-4 Tahun) Melalui Metode Proyek


KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah SWT, Tuhan semesta alam, yang telah menciptakan manusia dengan keadaan sempurna, memberikan nikmat terbesar yakni iman dan islam serta kesehatan. Shalawat dan salam semoga senantiasa terlimpahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, beserta keluarganya, sahabatnya, tabi’in dan seluruh umatnya yang istikomah mengikuti tuntunan dan teladannya sampai akhir zaman.

Atas berkat Allah SWT kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan judul “Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini (Usia 3-4 Tahun) Melalui Metode Proyek”.

Seperti pepatah yang mengatakan tak ada gading yang tak retak, kami menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini, masih banyak terdapat kekeliruan,  kami akan sangat berterimakasih dan berbesar hati menerima saran dan kritik yang bersifat membangun, bermanfaat bagi kesempurnaan pembuatan makalah berikutnya.


Serang,        April 2018

Penyusun




 


DAFTAR ISI

Kata pengantar ............................................................................................................................... 1
Daftar isi.......................................................................................................................................... 2
BAB I  : Pendahuluan..................................................................................................................... 3
A.    Latar Belakang............................................................................................................. 3
B.     Rumusan Masalah........................................................................................................ 3
C.     Tujuan Pembahasan...................................................................................................... 3
Bab II  : Pembahasan...................................................................................................................... 4
A.    Hakikat Metode Proyek............................................................................................... 4
B.     Teknik Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Melalui
Metode Proyek............................................................................................................. 5
C.     Implikasi Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar
Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Metode Proyek............................................................. 5
D.    Penilaian dan Umpan Balik Pengembangan Perilaku
dan Kemampuan Dasar Melalui Metode Proyek......................................................... 6
BAB III : Penutup.......................................................................................................................... 7
Daftar Pustaka







      



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Proyek pertama kali diinspirasi oleh pemikiran Jhon Dewey yang kemudian dikembangkan oleh William Heard Kilpatrick. Metode inin sangat bertolak belakang dengan kebanyakan metode saat itu yang berorientasi pada pendidik. Dengan menggunakan metode proyek, mata pelajaran dilebur menjadi suatu hal yang holistik, menyerupai proyek yang memungkinkan anak memperoleh ketrampilan baru yang mereka butuhkan melalui kegiatan yang dilakukan dengan cara bekerja sama dengan anak lainnya
Maka diharapkan makalah ini dapat menjadi salah satu referensi kita bersama dalam membahas metode proyek diatas.

B.     Rumusan Masalah
1.      Apa hakikat metode Proyek?
2.      Teknik pengembangan perilaku dan kemampuan dasar anak usia 3-4 tahun melalui metode Proyek
3.      Implikasi pengembangan perilaku dan kemampuan dasar anak usia 3-4 tahun melalui metode Proyek
4.      Umpan balik dan penilaian pengembangan perilaku dan kemampuan dasar melalui metode Proyek

C.    Tujuan Pembahasan
1.      Memahami hakikat metode proyek
2.      Memahami teknik pengembangan perilaku dan kemampuan dasar anak usia 3-4 tahun melalui metode proyek
3.      Memahami implikasi pengembangan perilaku dan kemampuan dasar anak usia 3-4 tahun melalui metode proyek
4.      Memahami umpan balik dan penilaian pengembangan perilaku dan kemampuan dasar melalui metode proyek





BAB II
PEMBAHASAN

A.      HAKIKAT METODE PROYEK
1.    Batasan Metode Proyek
Proyek berasal dari kata dalam bahasa Latin “proyectycum” yang memiliki makna maksud, tujuan atau rencana. Menuurut Kazt, proyek merupakan penyelidikan dalam waktu yang lama, kegiatan yang bersifat konstruktif dan berpusat pada bermain. Proyek merujuk pada seperangkat cara mengajar yang memungkinkan pendidik membimbing anak-anak melalui stadi mendalam tentang suatu topik  dari dunia nyata.
Pendidik lebih berperan sebagai konsultan dan fasilitatordari pada seorang pengajar, selain sebagai konsultan pendidik juga memiliki peran sebagai pemimpin yang membantu mengatur kemajuan penyelidikan. 
2.    Tujuan Kegiatan Pengembangan dengan Metode Proyek
Tujuan utama dari kegiatan metode proyek adalah mempelajari topik lebih banyak dari segi kedalamamnya dan bukan sekedar mencari jawaban yang benar atas pertanyaan yang diajukan pendidik, ada empat tujun yang menjadi tolak ukur pencapaian pembelajaran bagi anak yaitu: pengetahuan/knowledge , keterampilan/skill, kecendrungan/disposition, dan perasaan/feelings.
3.    Manfaat Kegiatan Pengembangan dengan Metode Proyek
Adapun beberapa manfaat yang di dapat dari metode proyek yaitu:
a)    Membangun pengetahuan baru yang didasari pengetahuan sebelumnya
b)   Menolong anak mengerti nilai-nilai yang berlaku
c)    Menolong anak mengerti satu konsep dengan konsep lain
d)   Membuat anak mengerti nilai literatur dan angka-angka ddalam konteks hidup yang sebenarnya
e)    Memberikan ide-ide dalam bermain peran
f)    Mendorong anak mencari sumber pengetahuan dan informasi yang lain selain disekolah.
g)   Menjembatani’ komunikasi dengan orang tua atau dewasa lainnya.
4.    Langkah-langkah Kegiatan dengan Metode Proyek
1.      Persiapan/permulaan/beginning
2.      Pelaksanaan kegiatan proyek/project in progress
3.      Pengambilan kesimpulan/concluding

B.       TEKNIK PENGEMBANGAN PERILAKU DAN KEMAMPUAN DASAR MELALUI METODE PROYEK

Beberapa teknik yang dapat digunakan, antara lain dijabarkan sebagai berikut:
1.         Menentukan Topik yang menjadi minat anak.
2.         Mengumoulkan seluruh peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan bersama anak.
3.         Mengajak nanak mencari tahu melalui peralatan dan sumber daya yang telah terkumpul.
4.         Melakukan brainstorming/tukar pendapat  mengenai topik dengan anak.
5.         Mengelompokan pertanyaan tersebut dalam kategori tertentu atau subtopik bersama-sama dengan anak.
6.         Memberikian kesempatan pada anak untuk memilih subtopik yang ingin mereka eksplorasi
7.         Memilih jenis pelaporan yang tepat untuk tiap subtopik.
8.         Anak diminta membuat perencanaan tentang abgaimana mereka harus membuat laporan
9.         Merencanakan dan menyelenggarakan pameran hasil karya anak.
10.     Mengevaluasi setiap anak dengan menanyakan apakah mereka merasa senag dengan proyek yang telah dilakukan dan apa yang mereka rasakan kemudian.

C.      IMPLIKASI PENGEMBANGAN PERILAKU DAN KEMAMPUAN DASAR ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI METODE PROYEK

Teknik pengembangan perilaku dan kemampuan dasar bagi anak usia 3-4 tahun cukup beragam, beberapa contoh kegiatan pengembangan perilaku dan kemampuan dasar anak usia 3-4 tahun melalui metode proyek, antara lain :
1.    Anak berlatih mempelajari suatu konsep secara lebih mendalam melalui topik yang telah dipilih.
2.    Metode proyek membantu anak mengenal lingkungan sosial yang lebih luas
3.    Metode proyek membantu anak mengembangkan kemampuan kerja sama, melatih kemampuan beradaptasi dengan lingkungan.
4.    Metode proyek dilaksanakan dalam proses dan jangka waktu yang panang maka perlu keterlibatan bnayak pihak, tidak hanya pendidiktetapi juga orang tua dan pihak lain yang terkait dengan topik.

D.      PENILAIAN DAN UMPAN BALIK PENGEMBANGAN PERILAKU DAN KEMAMPUAN DASAR MELALUI METODE PROYEK

Penilaian terhadap aspek dalam pengembangan perilaku dan kemampuan dasar anak usia 3-4 tahun bertujuan untuk mengamati bagaimana kemajuan perkembangan yang telah dicapai oleh anak. Beberapa teknik yang dapat dilakuakan antara lain :
1.      Running Record
Merupakan salah satu bentuk evaluasi yang dilakukan dengan cara menuliskan segala sesuatu yang anak-anak ucapkan atau yang mereka lakukan.

2.      Portofolio
Yaitu koleksi yang lengkap mengenai hasil pekerjaan seseorang yang menunjukan bagaimana pikiran mereka, minat, usah dan tujuan dalam lingkungan yang berbeda.
Ada tiga jenis porfolio yaitu:

a)     Portofolio dokumentasi
b)   Portofolio berdasarkan proses
c)    Showcase portofolio






         




BAB III
PENUTUP

Proyek berasal dari kata dalam bahasa Latin “proyectycum” yang memiliki makna maksud, tujuan atau rencana. Menuurut Kazt, proyek merupakan penyelidikan dalam waktu yang lama, kegiatan yang bersifat konstruktif dan berpusat pada bermain. Proyek merujuk pada seperangkat cara mengajar yang memungkinkan pendidik membimbing anak-anak melalui stadi mendalam tentang suatu topik  dari dunia nyata.
Beberapa teknik yang dapat digunakan, antara lain dijabarkan sebagai berikut
1.         Menentukan Topik yang menjadi minat anak.
2.         Mengumoulkan seluruh peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan bersama anak.
3.         Mengajak nanak mencari tahu melalui peralatan dan sumber daya yang telah terkumpul.
4.         Melakukan brainstorming/tukar pendapat  mengenai topik dengan anak.
5.         Mengelompokan pertanyaan tersebut dalam kategori tertentu atau subtopik bersama-sama dengan anak.
6.         Memberikian kesempatan pada anak untuk memilih subtopik yang ingin mereka eksplorasi
7.         Memilih jenis pelaporan yang tepat untuk tiap subtopik.
8.         Anak diminta membuat perencanaan tentang abgaimana mereka harus membuat laporan
9.         Merencanakan dan menyelenggarakan pameran hasil karya anak.
10.     Mengevaluasi setiap anak dengan menanyakan apakah mereka merasa senag dengan proyek yang telah dilakukan dan apa yang mereka rasakan kemudian.

Penilaian terhadap aspek dalam pengembangan perilaku dan kemampuan dasar anak usia 3-4 tahun bertujuan untuk mengamati bagaimana kemajuan perkembangan yang telah dicapai oleh anak. Beberapa teknik yang dapat dilakuakan antara lain :
3.      Running Record

4.      Portofolio
Ada tiga jenis porfolio yaitu:

d)    Portofolio dokumentasi
e)    Portofolio berdasarkan proses
f)    Showcase portofolio


DAFTAR PUSTAKA

Gee, Robyn. (1995). Menghibur dab Mendidik Anak Kecil. (terj). Jakarta : Penerbit Periplus.
Kuffner, Trish. (2004). Play And Learn : 300 Aktivitas Bermain dan belajar Bersama Anak (Usia 3-4 Tahun). (terj). Jakarta : Elek Media Komputindo
Mayesky, Mary. (1990). Creatives Activities For Young Children. 4th ed. New York : Delmar Publisher Inc.
Root, Betty. (1995). Memebantu Putra Anda Belajar Menbaca (terj). Jakarta : Penerbit periplus
Nilsen,barbara Ann. (2004). Week by week; Documenting The Development of Young Children 3rd ed Australia: Thomson Delmar Learning.

Tidak ada komentar:

TAKSONOMI BERPIKIR

KATA PENGANTAR Alhamdulillah segala puji bagi Allah Pencipta dan Pemelihara Alam Semesta yang telah menerangi hambanya yang takwa de...